PIRANTI INPUT
A. Hardware
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang
merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja
sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen
komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input device (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
1. input device (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar
komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device
terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU,
Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri
dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy
drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai
komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini
contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
B. Input Devices
Input devices (Peranti Masukan) merupakan
perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data kedalam sistem
komputer. Dalam hal ini data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara,
audio-video, dan bahkan gerakan.
Berdasarkan
sifatnya, peranti input
dapat digolongkan menjadi dua
yaitu :
a.) Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
a.) Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics
tablet, scanner.
B.) Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
B.) Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card,
disket, harddisk.
GAMBAR RAGAM PIRANTI MASUKAN
C. Piranti Pengetikan
Peranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data
ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan dalam sistem komputer
adalah keyboard. Peranti pengetikan yang lain yaitu ATM ( Automated teller
Machine ) yang dipakai sebagai mesin pengambilan uang dan POS ( Point of Sale )
yang digunakan pada toko – toko swalayan.
1. Keyboard
Keyboard adalah peranti pemasukan data yang dapat mengubah
huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses
komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai peranti masukan dan
merupakan peranti yg paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer
dengan masukan kartu plong (punch card).
2. ATM (Automated Teller Machine)
ATM
(Automated Teller Machine) biasa digunakan dalam dunia perbankan. Biasa digunakan
untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran tagihan, transfer
uang, bahkan memesan tiket kereta api. ATM dapat bekerja menjadi peranti input
dan output sekaligus. Sebagai peranti
masukan , ATM memungkinkan kita sebagai pengguna untuk memasukan nomor PIN,
angka uang, dan hal lain yg terdapat pada tampilan menu. Sebagai peranti
keluaran, ATM memungkinkan pemakai dalam hal ini petugas bank melihat perintah
maupun kode dan angka yg diketikan pada peranti masukan.
3. POS (Point of Sale)
POS (Point of Sale) adalah peranti yg digunakan pada toko –
toko untuk memasukan
data pembelian. Peranti ini selain berisi tombol seperti
keyboard lengkap dengan angka,
juga terdapat tambahan yg memungkinkan memproses
kartu kredit.
D. Peranti Penunjuk
Peranti penunjuk digunakan untuk memilih data
atau perintah yg muncul dilayar
monitor.Saat ini peranti penunjuk banyak
dimanfaatkan untuk aplikasi berbasis
gambar,sebab lebihmudah memilih perintah
dengan peranti penunjuk daripada harus
mengingat perintah ygharus diketikan
lewat keyboard. Yang paling umum saat ini adalah
mouse dan sejenisnya. Adapun
yg bentuknya tak asing adalah pena elektronis dengan
berbagai macam bentuk diantaranya pen based computer system, light pen, dan digitizer.
Gambar :
E. Peranti Pengambil Gambar
Terformat :
Banyak jenis peranti masukan yg dapat digunakan untuk
mengambil citra (gambar)
terformat, yang dalam arti disini bentuk atau format
hurufnya sudah ditentukan. Hal ini
membantu peranti tersebut dalam menerima
masukan. Yang kemudian diubah menjadi
sinyal digital. Contoh untuk kategori
peranti ini adalah Bar Code Reader, MICR, OMR, dan
OCR.
F. Peranti Pengambil Gambar Tak Terformat :
Peranti ini digunakan untuk mengambil mengambil gambar yang belum
memiliki format
baku ke data digital. Contoh peranti ini antara lain : image
scanner, digital camera,
pembaca retina mata dan fingerprint reader. Dengan
peranti ini, gambar dari suatu obyek
dapat diambil dan diubah menjadi suatu
file data digital yang memiliki extension.
Beberapa contoh extension data digital yang digunakan pada peranti
ini antara lain : BMP,
GIF, ICO , JPEG, PDF, PNG, PSD, TIFF dan lain-lain.
Ada beberapa macam peranti masukan yang digunakan secara umum
oleh masyarakat,
biasanya penggunaannya digunakan untuk keperluan tertentu.
Contonya antara lain :
sensor, RFID ( Radio Frequency Identification Device ),
magnetic card reader dan smart
card reader. Sensor dapat mengambil data langsung dari lingkungan, biasanya
digunakan
pada alat pendeteksi bencana alam dan alarm security. RFID biasanya
digunakan sebagai
alat pelacak. Magnetic card reader digunakan untuk membaca
pita magnetic ( dalam pita
ini terdapat data tertentu ) yang biasa ada pada
kartu ATM. Smart card reader digunakan
untuk membaca smart card ( sebuah
computer berukuran kecil berupa chip yang
mengandung prosesor, RAM dan ROM,
bahkan system operasi dengan keamanan yang sangat
tinggi ), salah satu jenis
smart cart adalah SIM card pada kartu telepon selular.
mantap gan saya bertambah wawasan
BalasHapus